Ciri-Ciri Sperma yang Sehat dan Siap Membuahi Sel Telur

Sperma ialah cairan yang dihasilkan oleh kaum pria ketika mengalami ejakulasi, baik setelah melakukan hubungan seksual dengan pasangan maupun setelah masturbasi. Cairan ini berisi sel-sel spermatozoa yang memiliki fungsi penting dalam proses pembuahan sel telur wanita.

ciri sperma yang sehat
Ciri-Ciri Sperma yang Sehat

Apabila wanita sudah diketahui kesuburannya dan siap untuk merencanakan kehamilan, tetapi bila sperma dalam kondisi tidak sehat ataupun kurang berkualitas, maka tetap saja hasilnya pun akan nihil untuk bisa mendapatkan keturunan.

Baca Juga : Masa Subur Pria Yang Patut Anda Ketahui

Oleh karena itu, kesuburan tidak hanya ada pada satu pihak, baik wanita dan pria harus sama-sama memiliki kesiapan, terutama sel-sel yang dimilikinya. Jika sel sperma yang diproduksi pria jumlahnya sedikit, atau jumlahnya banyak tetapi kurang berkualitas, ini berdampak pada sulitnya proses pembuahan. Bila proses pembuahan sukses, maka akan berlanjut dengan berkembang menjadi calon bayi. Untuk itu, kualitas sperma sangat menentukan suksesnya pembuahan pada sel telur. Untuk mengetahui kondisi sperma pria berkualitas atau tidak, maka harus tahu tanda atau ciri-cirinya.

Baca Juga : Cara Memperbanyak Sperma

Berikut ini merupakan ciri-ciri sperma yang sehat dan siap untuk membuahi sel telur wanita sebagaimana telah dilansir dalam situs klikdokter :

1. Volume Cairan Sperma dan Tingkat Kekentalannya
Volume cairan sperma yang diproduksi pria pada saat ejakulasi normalnya sekitar 2-5 ml. Jika volumenya kurang dari 1,5 cc, maka itu sangatlah sedikit dan membuat ejakulasi menjadi kering. Untuk mengetahui tingkat kualitas sperma juga dengan melihat kekentalan sperma. Sperma yang sehat sangat kental dan tidak encer.

2. Warna Cairan Sperma
Secara umum, cairan sperma yang sehat berwarna putih keabu-abuan. Apabila cairan sperma berwarna kemerah-merahan, maka harus dilakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui penyebab dari warna tersebut. Biasanya yang menjadi penyebab warna sperma berwarna kemerah-merahan adalah terdapatnya darah pada sperma yang kemungkinan disebabkan karena infeksi ataupun sumbatan saluran kencing. Dan apabila sperma berwarna kuning, maka hal ini juga bisa jadi disebabkan karena infeksi pada saluran kencing.

3. Bau Cairan Sperma
Cairan sperma pada umumnya berbau menyengat seperti bau daun akasia. Tetapi, bila sperma berbau amis, maka ini perlu diwaspadai, kemungkinan adanya infeksi pada saluran kencing, prostat dan pada struktur lainnya sepanjang saluran urin.

4. Komposisi Sperma
Sebenarnya cairan sperma yang dikeluarkan pria kandungan sel sperma hanya 5%, dan 95%nya adalah cairan yang dihasilkan prostat atau yang disebut vesikula seminalis berfungsi sebagai pelicin atau cairan untuk mempermudah sel sperma menuju ke organ reproduksi wanita. Untuk mengetahui kesehatan sel sperma, maka diperlukan pemeriksaan lab oleh dokter. Pemeriksakan lab menggunakan mikroskop, sehingga dapat melihat dengan jelas bentuk sperma, jumlahnya, dan juga pergerakannya. Sperma yang sehat berbentuk seperti kecebong memiliki ekor, jumlah dalam 1 ml sekitar 20 juta sel, dan pergerakannya cepat ke depan.

Baca Juga : Bahaya Memakai Celana Ketat Bagi Pria