Bahaya Berhubungan Intim Saat Haid

Pembahasan mengenai haid atau menstruasi seperti tak pernah habis dibahas oleh kalangan wanita. Berbagai permasalahan yang berkaitan dengan menstruasi selalu menjadi pembahasan menarik, diantaranya seperti: haid tidak teratur, dilepen atau nyeri saat haid, hingga pertanyaan seputar berhubungan intim ketika menstruasi.

bahaya berhubungan intim saat haid
Bahaya Berhubungan Intim Saat Haid

Sebagaimana arahan tentang menstruasi sudah dikupas oleh dr. Ricky Susanto, M.Kes, SpOG. Sebelum membahas lebih jauh, pertanyaan berikut ini sering kali dilontarkan kaum wanita, apakah yang menjadi penyebab rasa nyeri ketika menstruasi? Rasa nyeri saat menstruasi dibagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori ringan, sedang, dan berat.

Baca Juga : Cara Berhubungan Intim Menurut Islam

Nyeri ringan saat menstruasi tidak perlu pengobatan dan seorang wanita yang sedang haid masih bisa beraktifitas seperti biasanya. Sedangkan nyeri sedang ketika menstruasi mulai membutuhkan perawatan, karena nyeri yang ditimbulkan dapat mengganggu aktifitas. Adapun kategori nyeri berat saat haid sangat diharuskan untuk melakukan pengobatan, bahkan tak jarang wanita yang mengalami nyeri tingkat berat harus perawatan di rumah sakit.
Secara umum, rasa nyeri ketika menstruasi disebabkan oleh endometriosis.

Endometriosis merupakan suatu gangguan dimana lapisan bagian dalam rahim masuk ke dalam rongga perut, sehingga hal ini dapat menimbulkan rangsangan nyeri pada bagian saraf di dalam rongga perut. Selain itu, timbulnya kontraksi di dalam rahim juga menjadi penyebab rasa nyeri saat haid, dan sebenarnya ini bertujuan untuk mengeluarkan endometrium (lapisan dalam rahim) tersebut. Jaringan penyokong rahim yang mengalami peregangan juga bisa menyebabkan rasa nyeri.

Ketika wanita mengalami menstruasi, maka perawatan yang dilakukan harus tepat. Terutama dalam hal menjaga kebersihan. Saat haid, mengganti pembalut harus selalu dilakukan secara rutin. Ini sangat penting untuk menghindari tumbuhnya kuman-kuman di area kewanitaan. Bersihkan daerah kewanitaan dengan air bersih setiap kali mengganti pembalut.

Baca Juga : Posisi Bercinta Saat Hamil

Bahaya Berhubungan Ketika Haid
Darah menstruasi adalah darah kotor yang harus dibuang dari tubuh. Darah haid bisa menjadi tempat tumbuhnya kuman. Sehingga bila pria dan wanita berhubungan intim pada masa haid, maka rawan sekali menimbulkan infeksi. Bahkan tak sedikit pendapat bila anak yang dilahirkan hasil dari berhubungan intim ketika haid berpotensi mengalami cacat.

Baja Juga : Cara Merangsang Pria

Wanita yang mengalami haid akan merasa tidak nyaman, terutama perasaannya. Hal ini dapat berpengaruh terhadap kualitas hubungan intim tersebut. Belum lagi ditambah dengan rasa nyeri haid yang dialami wanita, tentu ini menjadi penderitaan.